download puas

selamat datang di situs ini selamat datang di situs ini selamat datang di situs ini selamat datang di situs ini selamat datang di situs ini selamat datang di situs ini selamat datang di situs ini selamat datang di situs ini selamat datang di situs ini selamat datang di situs ini selamat datang di situs ini selamat datang di situs ini selamat datang di situs ini selamat datang di situs ini selamat datang di situs ini selamat datang di situs ini selamat datang di situs ini selamat datang di situs ini selamat datang di situs ini selamat datang di situs ini selamat datang di situs ini

MySpace Falling Text

Sabtu, 20 Desember 2008

Membuat Blog dengan Blogspot

Di sini saya ingin berbagi pengalaman tentang langkah-langkah sederhana membangun sebuah blog dengan menggunakan Blogspot (Blogger).


Sebelum memulai sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu dengan memahami apa itu blog, blog adalah buku harian pribadi. Mimbar Anda setiap hari. Kotak sabun politik. Outlet berita terkini. Koleksi link. Pikiran pribadi Anda sendiri. Catatan untuk dunia.


Blog Anda menjadi apapun yang Anda inginkan. Ada berjuta-juta blog, dalam segala bentuk dan ukuran, dan tidak ada aturan yang sesungguhnya.


Dalam terminologi sederhana, sebuah blog adalah sebuah situs web, di mana Anda menuliskan hal-hal yang berbasis peristiwa yang sedang berlangsung. Hal yang baru tampil di paling atas, sehingga pengunjung Anda dapat membaca apa yang baru. Kemudian mereka dapat mengomentarinya atau menambahkan link atau mengemail Anda. Atau tidak.



Sejak Blogger diluncurkan pada 1999, blog telah mengubah bentuk web, mempengaruhi politik, mempertajam jurnalisme, dan memungkinkan jutaan orang untuk memiliki suara dan terhubung dengan yang lain. (http://www.blogger.com/tour_start.g)


Nah sekarang siap untuk membangun blog, langkah pertama adalah kita siapkan terlebih dahulu tema dan materi apa yang akan kita masukkan dalam blog tersebut. Setelah tema kita dapatkan kemudian kita lanjutkan dengan menentukan kategori-kategori utama dari tema yang telah kita tentukan itu.


Setelah tema siap, sekarang kita mulai, arahkan alamat ke www.blogspot.com. Di sini kita akan diarah ke Blogger, jangan heran karena Blogspot sudah diakuisisi oleh Google (blog Google bernama Blogger). Untuk mempermudah, disarankan kita sudah mempunyai akun email di Gmail (Google Mail), jika belum silakan buat akun Gmail di www.gmail.com.



Untuk memperlancar dalam pemahaman, ubah bahasa menjadi bahasa Indonesia. Langkah selanjutnya klik ‘Ciptakan Blog Anda’.




Isi form email dengan alamat email Gmail Anda, dan password (disarankan minimal 6 karakter dengan kombinasi angka dan huruf). Nama tampilan adalah nama yang nantinya muncul di header blog Anda. Isi kolom verifikasi kata sama dengan image yang ada di atasnya (dalam contoh tertulis ‘tokedn’. Centang pilihan persetujuan menerima persyaratan (untuk mengetahui persyaratan silakan klik link persyaratan dan layanan) kemudian klik ‘Lanjutkan’.




Judul blog diisi sesuai dengan nama header blog Anda, alamat diisi dengan alamat dimana blog Anda nantinya dapat diakses (disarankan sama dengan judul header blog). Selanjutnya klik ‘Lanjutkan’ untuk masuk tahap selanjutnya.



Langkah terakhir adalah menentukan tema tampilan blog. Silakan pilih tampilan blog berdasarkan template yang telah ada, template ini nantinya dapat kita ganti lagi. Untuk melihat contoh tampilan blog kita dapat mengeklik pada gambar, di sini kita akan dibawa untuk melihat tampilan blog dalam ukuran sebenarnya. Setelah tampilan kita tentukan, selanjutnya klik ‘Lanjutkan’.




Sampai di sini proses membuatan blog selesai. Langkah selanjutnya kita bisa memulai posting (membuat artikel untuk kita muat di blog kita).



Ini adalah tampilan bidang kerja kita saat mengolah artikel yang akan kita upload. Di sini ada 3 tab utama (Posting, Pengaturan, dan Layout) dimana masing-masing tab mempunyai subtab sendiri-sendiri untuk fungsi-fungsi yang berbeda.


Keterangan gambar : (1) Judul Blog; (2) Tab Utama; (3) Alamat Blog; (4) Subtab Utama; (5) Form judul artikel; (6) ‘Compose’ menunjukkan format penulisan isi artikel dengan tampilan biasa (tanpa kode html), sebaliknya ‘Edit Html’ adalah format penulisan isi artikel memakai kode-kode (script) html; (7) Tools pengeditan teks (seperti dalam ms word), mulai jenis font, ukuran, kerataan teks, menambahkan gambar, hyperlink, memasukkan quote, dan sebagainya; (8) ‘Pratinjau’ akan membawa kita menuju contoh halaman yang berisi artikel yang sedang kita olah (preview tampilan); (9) Bidang input isi artikel tulisan dan pada bagian bawah ‘Label’ adalah kata-kata yang akan muncul di bawah setelah artikel habis (isikan dengan kata-kata yang mewakili isi tulisan yang kita olah); (10) ‘Mempublikasikan posting’ berarti kita akan menampilkan artikel tersebut dan bisa dibaca oleh pengunjung, sedangkan ‘Simpan Sekarang’ berarti kita menyimpan artikel tersebut dan tidak bisa dilihat oleh pengunjung.



Dalam tab ‘Layout’ kita bisa mempersonalisasikan tampilan blog, di sini kita bisa menambahkan item-item khusus ke setiap bagian blog (header body, sidebar, dan footer). Item-item tambahan itu sendiri telah disediakan, kita tinggal memilih dan memasangnya di tempat yang kita inginkan. Untuk item-item lain yang tidak disediakan oleh blogspot, kita dapat mencarinya dengan menggunakan Google Search dengan kata kunci ‘plugin blogspot’, hasil pencarian biasanya nanti berbentuk script (kode-kode java atau html), script ini tinggal kita copy dan paste di item Blogspot (Html/JavaScript).



Jika kita ingin mengubah bahasa yang kita pergunakan dan blog, kita dapat mengubah melalui ‘Panel Kontrol’ (klik menu Panel Kontrol di pojok kanan atas). Di sini kita juga bisa membuat blog baru dengan akun email Gmail yang sama dengan mengklik Ciptakan sebuah blog.




Selesai.

0 komentar: